close

Designed and Developed by Web Admin SMK Cendika Bangsa
Muffid Mahnun Copyright 2023 All right reserved

SMK Cendika Bangsa adakan kegiatan ANBK. Apa itu?

Published : 30 Agustus 2023

Author : muffid.mahnun

ANBK singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer, ANBK 2023 akan segera dilaksanakan untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. 

Program ini dilakukan oleh Kemdikbud untuk menilai secara keseluruhan baik dari sisi kognitif maupun non kognitif siswa.

Jadwal pelaksanaan ANBK 2023 setiap tingkat sekolah berbeda-beda. Saat ini sudah ada beberapa tingkat yang melaksanakan simulasi dan gladi bersih untuk mempersiapkan pelaksanaan ANBK.

APA ITU ANBK 2023?

ANBK adalah upaya penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar hingga menengah. Program ini dilaksanakan oleh setiap tingkat sekolah secara online atau semi online

Dilansir dari anbk.kemendikbud ANBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek guna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh tingkat pendidikan.

Terdapat tiga instrumen penilaian dari ANBK, yaitu:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Mengukur literasi membaca & matematika atau numerasi murid.
  2. Survei Karakter. Mengukur nilai, sikap, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa.
  3. Survei Lingkungan Belajar. Mengukur kualitas aspek input serta proses belajar-mengajar di kelas ataupun tingkat satuan pendidikan.

Dalam pelaksanaannya, AKM menjadi tolak ukur penilaian yang paling komprehensif untuk mengukur kemampuan minimal siswa. Penilaian ini dilakukan dengan pengerjaan soal yang pastinya berbeda dengan soal ujian nasional, sehingga para siswa perlu melakukan mempersiapkannya sebaik mungkin.

TUJUAN ASESMEN NASIONAL

Secara umum, tujuan ANBK Kemdikbud adalah meningkatkan kemampuan literasi para siswa. Dengan program ini, kita dapat mengukur sejauh mana kemampuan literasi membaca setiap siswa. Hal tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing siswa.

Hasil ANBK nantinya akan digunakan untuk memantau perkembangan mutu pendidikan di Indonesia dari waktu ke waktu. Sebab, asesmen nasional ini memberikan gambaran karakteristik esensial paling efektif dari satuan pendidikan untuk mencapai tujuan tersebut.

tag :

cendika bangsa

Artikel Lainnya

ppdb smk cendika bangsa

SMK Cendika Bangsa

Kompeten - Cerdas - Santun

Jl. Raya Mojosari 02 A Kepanjen Malang 65163

smkcendikabangsa@yahoo.co.id

0341 - 391450

Sekolah

Tentang Kami

Info Karir

Visi Misi

Unit Bisnis

Mars Cendika Bangsa

Halaman

Hubungan International

Hubungan Industri

Bursa Kerja Khusus

Kesiswaan

Lokasi

Designed and Developed by Web Admin SMK Cendika Bangsa
Muffid Mahnun Copyright 2023 All right reserved