smkcendikabangsa@yahoo.com 0341-391450

Memahami Model Implementasi Kompetensi Sikap Spiritual (KI-1) di Satuan Pendidikan

SMK Cendika Bangsa > Artikel > Memahami Model Implementasi Kompetensi Sikap Spiritual (KI-1) di Satuan Pendidikan
Abdulloh Muthi

Oleh:Abdulloh Muthi’
cendikabangsa.ch.id -KI-1 (Sikap Spiritual) sesuai permendikbud nomor 37 TAHUN 2018

Permendikbud diatas adalah Perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah, namun perubahan atas KI diatas hanya pada KI-3 dan KI-4, sementara KI-1 dan KI-2 sama.
Dalam bab penjelasan permendikbud terkait KI-1 dan KI-2 dikatakan;

 Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. 

Kerangka Berfikir Implementasi dan korelasi KI-1, KD, SKL di Tingkat Satuan Pendidikan 

Model Implementasi Kompetensi Sikap Spiritual (KI-1)

Keterangan:

  1. KI-1 (Spiritual) menjadi kompetensi yang harus dimiliki oleh seluruh siswa, sehingga  satuan pendidikan, dinas pendidikan, dan stake holder sekolah secara bersama-sama merumuskan prosedur implementasi KI-1 dengan membuat target materi kompetensi spiritual yang ingin dicapai, indicator, prosedur pelaksanaan dan tahapan pencapaiannya.
  2. Prosedur implementasi yang telah dibuat masuk dalam kompetensi dasar setiap mata pelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran tersebut, dan menjadi kewajiban para guru untuk menyampaikan dalam proses kegiatan pembelajaran mereka dikelas.
  3. Indek Pencapaian Kompetensi (IPK) tiap mata pelajaran merujuk pada prosedur implementasi KI-1 yang telah dibuat dan sepakati di satuan pendidikan yang tertuang pada KD setiap mata pelajaran
  4. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) tiap mata pelajaran harus menjadi bagian yang integral sesuai prosedur implementasi KI-1 yang telah dibuat dan disepakati, sehingga menjadi ciri khas kompetensi, sikap, karakter, dan budaya siswa di satuan pendidikan.

Strategi Implementasi KI-1 di Satuan Pendidikan

Model Implementasi Kompetensi Sikap Spiritual (KI-1)

download file asli ( .docx ) disini

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca Juga : Memahami Model Implementasi Kompetensi Sikap Spiritual (KI-1) di Satuan Pendidikan […]

Berita Terbaru

Pengumuman Hasil Administratif Staff Keuangan – SMK Cendika Bangsa
September 20, 2020By
Pengumuman Hasil Seleksi Administratif Tenaga Pendidik – SMK Cendika Bangsa
September 20, 2020By
Kurikulum SMK Cendika Bangsa 2020/2021
September 14, 2020By
We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x